Anak yang sehat dan cerdas merupakan dambaan setiap orang tua. Otak memegang peranan yang sangat penting bagi kecerdasan si kecil. Untuk tumbuh kembang otak yang optimal, berilah sang buah hati anda nutrisi dan stimulasi yang tepat untuk perkembangan otaknya sedini mungkin.

Awal Pembentukan Otak dan Mata

Otak dan mata adalah dua organ penting yang sangat berperan bagi tumbuh kembang si kecil. Pengetahuan tentang kapan kedua organ itu mulai terbentuk akan membantu kita untuk dapat memberikan stimulasi yang cukup sejak sedini mungkin.

Perkembangan kritis otak dan mata anak dimulai sejak usia kehamilan trimester pertama. Cikal bakal otak mulai terbentuk sejak kehamilan baru berusia 3 minggu. Sekitar bulan kedua kehamilan, ?unas?otak mulai tumbuh berupa dua buah tonjolan yang tumbuh pada bagian kepala. Kedua tonjolan tersebut merupakan kumpulan sel yang berasal dari lapisan ektoderm, yang nantinya akan menjadi dua belahan otak besar (cerebrum).

Pada saat yang hampir bersamaan, pada bagian kepala embrio mulai terlihat dua bintik kehitaman yang merupakan cikal bakal mata anak, sehingga memasuki pertengahan bula kedua, perkembangan atak dan mata janin sudah dimulai.

Zat Gizi Apa yang Diperlukan Bagi Perkembangan Otak dan Mata Janin ?

Trimester pertama kehamilan merupakan masa kritis bagi pertumbuhan dan perkembangan janin, kususnya otak dan matanya. Untuk itu anda perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung zat ?zat gizi penting seperti :

?Asam Folat
Asam folat adalah salah satu vitamin dalam kelompok vitamin B yang berperan penting dalam proses perkembangan janin, khususnya perkembangan sistem saraf dan sel darah. Asam folat banyak terdapat dalam makanan sehari ?hari, seperti bayam, brokoli, pisang, jeruk, asparagus, kedelai, sereal dan lain ?lain.

?Omega 3
Jenis yang paling banyak dikenal adalah asam linolenat. Di dalam tubuh, asam lemak ini dapat diubah menjadi senyawa turunannya, yakni EPA (asam eikosapentaenoat)dan DHA (asam dokosahesaenoat). Asam lemak omega 3 berperan besar pada perkembangan sel saraf, otak dan indera penglihatan. Penelitian yang dilakukan oleh Helland IB et al (2003) menemukan, bahwa suplementasi yang cukup selama kehamilan dan menyususi bermanfaat untuk perkembangan otak janin dan bayi. Ini akan mendukung perkembangan IQ bayi dimasa mendatang. Omega 3 ini banyak terdapat pada sayuran berwarna hijau, seperti, bayam, brokoli, minyak ikan, minyak canola, dan minyak kedelai.

?Omega 6
Asam lemak ini merupakan prekursor(bahan) pembentukan asam lemak arakidonat (ARA). Jenis yang paling dikenal adalah asam linoleat. Asam lemak omega 6 bersama dengan DHA terbukti ikut membantu proses perkembangan otak bayi. Senyawa ini banyak terdapat di dalam bahan makanan nabati dan aneka produk olahannya, seperti minyak kedelai dan minyak bunga matahari.

?Omega 9
Asam lemak tak jenuh tunggal dan jenis yang banyak dikenal adalah asam lemak omega 9. Asam lemak ini berperan dalam menjaga keseimbangan kadar kolesterol di dalam darah. Omega 9 juga membantu pembentukan selaput myelin otak. Lapisan myelin dan neurotransmitter berperan penting dalam penghantaran impuls saraf. Bahan makanan sumber asam lemak ini adalah kacang ?kacangan, minyak kelapa sawit, minyak zaitun, minyak kemiri dan daging.

?Protein
Protein penting untuk ibu dann bayinya, karena berfungsi sebagai pemebentuk jaringan baru dan mempertahankan jaringan yang telah ada. Tambahan protein selama kehamilan diperlukan untuk pembentukan jaringan otak, otot, kulit, rambut, kuku dan semua bahan pengatur tubuh. Sumber protein terbaik bisa didapat dalam bahan makanan, seperti daging, ikan, dan unggas.

Janin Pun Perlu Distimulasi

Stimulasi (perangsangan yang datang dari lingkungan di luar janin) penting bagi perkembangan otak, karena dapat memfasilitasi dan menginduksi perkembangan sel ?sel otak. Sejak masih dalam kandungan pun, janin sudah bisa menerima stimulasi sederhana untuk mendukung kecerdasannya. Beberapa stimulasi yang bisa anda lakukan selama kehamilan :

?Mengajak bicara
Pada usia sekitar 26 minggu, janin sudah dapat diajak berkomunikasi. Maka, banyak ?banyaklah mengajak janin bicara. Stimulasi ini selain penting untuk perkembangan kemampuan otaknya, juga dapat mempererat ikatan antara orang tua dan anak.

?Rangsangan musik
Musik klasik dapat memberi pengaruh positif pada proses perkembangan janin. Hal ini dikarenakan adanya interaksi antara perkembangan sistem saraf dan lingkungan. Dari beberapa penelitian terbukti bahwa bayi yang sejak dalam kandungan diputarkan musik klasik, ketika lahir ia lebih cepat merespons atau bereaksi terhadap musik yang biasa diputarkannya untuknya.
(disalin dari tanyadokter.com)

0 komentar

Posting Komentar

WIT

Kalender

Hijriah

Terjemahkan di sini

About Me

Foto saya
Mappi, Papua, Indonesia
Istriku tercinta bernama Suci Wulandari,buah hatiku namanya Fahmi Al Miqdad Viratama

Ayo Chat



teman di Paniai

wajib belajar

Gallery

Gallery

Pengunjung